September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

Tahun Baru, Vaksin Baru, Indonesia Kedatangan Vaksin Sinovac Tahap 2!

Tahun Baru, Vaksin Baru, Indonesia Kedatangan Vaksin Sinovac Tahap 2!

Bandung, Omicron Indonesia – Kabar baik bagi seluruh masyarakat Indonesia, dalam rangka melawan pesebaran COVID-19 di Indonesia pada Kamis (31/12/2020), vaksin sinovac tahap 2 sudah tiba di Indonesia. Vaksin tahap dua ini tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Banten sekitar pukul 11.30 WIB lalu.

Kabar ini dibagikan langsung oleh pemerintah melalui akun Youtube Sekreariat Presiden, melalui live streaming. Tampak pada video yang diputar pada channel tersebut, vaksin yang akan dibagikan kepada rakyat Indonesia tersebut diangkut menggunakan pesawat boeing dan disimpan dalam boks putih.

Untuk Apa Vaksin datang ke Indonesia?

Kedatangan vaksin tahap 2 ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk melakukan penanggulangan COVID-19, yang semakin menyebar di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mengejar herd immunity, dengan cara melakukan vaksinasi terhadap 181 juta rakyat Indonesia.

Setiap orang membutuhkan 2 dosis vaksin , sehingga apabila dikalkulasikan maka Indonesia membutuhkan 362 juta dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi. Namun, dalam melakukan Vaksinasi Indonesia tetap mengikut arahan dari WHO agar mempersiapkan cadangan vaksin sebesar 15%, dari total yang dibutuhkan. Sehingga total pemerintah Indonesia, akan menyiapkan 416 juta dosis vaksin.

Baca Juga : Bahaya gak sih, Jadi budak cinta atau BUCIN?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ditemani Menteri Luar Negeri yaitu Retno Marsudi, memantu proses pemidahan vaksin dari pesawat kedalam kendaraan yang akan mengangkut vaksin tersebut hingga sampai ke tempat yang dituju.

Darimana Indonesia mendapat 426 juta Dosis Vaksin?

Menteri Kesehatan memaparkan, bahwa Indonesia memiliki perjanjian dengan beberapa perusahaan dari berbagai Negara terkait proses pengadaan vaksin. Berikut merupakan rincian, perusahaan yang bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk menyediakan 416 juta dosis vaksin :

  • 100 juta dosis dari Sinovac, China
  • 100 juta dosis dari Novavax, Kanada
  • 100 Juta dosis dari AstraZeneca, Inggris
  • 100 Juta dosis dari Pfizer, Jerman-As.

Selain itu Indonesia mendapatkan vaksin secara gratis, sebesar 16 juta dosis vaksin. Gavi yang merupakan intitusi yang berada dibawah WHO, merupakan penyumbang 16 juta dosis vaksin bagi Indonesia. Namun, rencana itu maish belum final hingga saat ini.

Dengan datangnya vaksin sinovac tahap 2 ini, masyarakat Indonesia harus semakin mempersiapkan diri untuk melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini cukup penting, demi kembalinya kehidupan yang lebih baik dari saat pandemik ini berlangsung.