September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

Singapura Mengalami Resmi Mengalami Resesi Ekonomi

Singapura Resmi Mengalami Resesi Ekonomi

Click here to open lightbox

Bandung, Omicron Indonesia – Akibat dari merebaknya virus corona yang menggemparkan dunia, beberapa sistem tatanan dunia mulai hancur. Mulai dari bidang kesehatan, sosial budaya, hingga masalah ekonomi yang menjadi bayang-bayang besar bagi seluruh Negara yang ada di dunia. Bahkan, tanpa kita sadari bahwa Negara tetangga Indonesia yang dikenal sebagai Negara makmur yaitu singapura. resesi

Per hari ini, Negeri Singa tersebut resmi mengalami resesi ekonomi yang diakbiatkan oleh COVID-19. Diumumkan langsung oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura, pada Selasa (14/7/2020) bahwa pertumbuhan ekonomi negeri singa tersebut anjlok sebesar 41,2 persen pada kuartal II 2020.

Negeri singa tersebut mengalami depresiasi ekonomi yang cukup serius, pada 2 kuartal terakhir. Tercatat pertumbuhan ekonomi Singapura menyentuh angka minus, yang membuat Negeri Singa tersebut resmi masuk kedalam jurang resesi ekonomi pada tahun 2020 ini.

Ancaman Serius Bagi Malaysia dan Thailand Akibat Resesi Singapura

Kondisi Singapura yang mengalami resesi ekonomi, tidak bisa dianggap enteng oleh beberapa Negara dikawasan Asia Tenggara lainnya. Khususnya bagi Malaysia dan Thailand, yang memiliki karateristik ekonomi yang mirip dengan Singapura.

Dilansir oleh CNN Indonesia, salah satu ekonom yang berasal dari Institute for Development of Economic and Finance (Indonesia) yaitu Eko Listyanto. Menyebutkan bahwa ketiga Negara tersebut memiliki karateristik ekonomi yang sama, yaitu ketergantungan pada pasar internasional atau yang disebut dengan global supply chain.

Baca Juga : UAE Siap Luncurkan Roket Menuju Planet Merah!

Hal tersebut yang mendasari Eko, meramalkan bahwa Malaysia dan Thailand memiliki potensi serupa seperti Singapura untuk mengalami resesi Ekonomi. Bahkan salah satu Negara dari tiga Negara tersebut yaitu Thailand, sudah mengalami resesi pada kuartal 1 tahun 2020. Sedangkan Malaysia diprediksi akan mengalami resesi pada kuartal IV, tahun 2020 ini.

Indonesia Lebih Sedikit Beruntung

Berbeda dengan 3 negara tetangga yang berada di kawasan ASEAN lainnya, Indonesia memiliki sedikit kebruntungan di masa pandemic seperti ini. Pasalnya, karateristik ekonomi Indonesia yang sangat jauh berbeda dengan 3 negara tersebut.

Indonesia dalam menjalankan aktivitas ekonomi-nya tidak terlalu berpengaruh pada kondisi perdangan Internasional. Dalam menjalankan aktivtias ekonominya, Indonesia lebih sering mengandalkan hubungan bilateral dan multilateral antar beberapa Negara.

Seperti contohnya hubungan ekonomi Indonesia dengan China, yang menjalani aktivitas ekonomi yang cukup aktif. Namun, Indonesia tetap harus wasapada akan bahaya resesi ekonomi yang menghantui ditengah masa pandemic ini. Sebab, Indonesia juga memiliki hubungan ekonomi yang cukup aktif dengan 3 negara tersebut.