September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

Resesi Resmi Mampir ke Indonesia, Apa Dampaknya Bagi Kita?

Foto : entrepeneur.com

Resesi Resmi Mampir ke Indonesia, Apa Dampaknya Bagi Kita?

Bandung, Omicron Indonesia-Pandemik COVID-19 yang telah menggerogoti seluruh sendi kehidupan yang ada di Indonesia, mulai menacapkan taringnya pada sisi perekonomian. Indonesia pada hari Kamis (05/11/2020), resmi menyusul tetangganya kedalam jurang resesi. Tentunya pemeran utama dibalik masuknya Indonesia ke jurang resesi, adalah kawan kecil kita yaitu COVID-19 yang semakin menggila.

Beberapa bulan sebelumnya, negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia, dan Singapura resmi masuk terlebih dahulu ke dalam zona resesi. Hal itu dikarenakan pertumbuhan ekonomi Negara tersebut, sudah berada dibawah 0% bahkan mencapai minus dibawah 0%. Indonesia yang sedikit lebih kuat, masih dapat bertahan beberapa bulan untuk tidak ikut kedalam jurang resesi. Namun, ternyata COVID-19 masih cerdik dari strategi yang diterapkan pemerintah. Sehingga, bulan November ini Indonesia resmi menyusul para tetangga-nya untuk bertegur sapa di jurang resesi.

Semenyeramkan Apa itu Resesi?

Apabila Omicronians belum mengetahui resesi itu apa, maka kami akan coba menjelaskan secara singkat dan jelas. Resesi adalah kondisi dimana pertumbuhan ekonomi sebuah negara, berada dibawah angka 0% selama 6 bulan berturut. Selain itu, kondisi inflasi dan deflasi yang berlebihan pada sebuah negara juga dapat mengantarkan negara tersebut kedalam zona resesi.

Mengutip dari salah satu artikel yang diterbitkan oleh Economic Policy Institue, pada laman resminya yaitu epi.org. Mengatakan, bahwa resesi merupakan sebuah peringatan kepada sebuah negara akan bahaya peningkatan pengangguran, kesenjangan sosial, bahkan hingga ke bidang pendidikan. Walaupun negara tersebut, mengalami proses pemulihan dalam beberapa periode. Namun, dampak dari resesi tersebut akan terlihat dalam jangka yang cukup panjang. indonesia resesi dampak

Apa Dampak Nyata dari Resesi?

Mengutip dari salah satu laman berita luar negeri, yaitu economicshelp.org, berikut ini beberapa dampak resesi yang akan masyarakat Indonesia hadapi dalam beberapa kedepan :

  1. Peningkatan penggangguran
  2. Penurunan gaji secara siginifikan
  3. Meningkatnya kemiskinan
  4. Harga asset (mobil, tanah, saham, dll) akan turun
  5. Menurunnya pendapatan pajak negara
  6. Meningkatnya utang negara
  7. Perusahaanya yang tutup atau bankrut

Bagaimana Cara Mengatasi Kondisi ini?

Resesi sangat memberikan dampak yang mengerikan, bagi sendi-sendi kehidupan yang ada di sebuah negara. Apalagi, masyarakat Indonesia masih belum selesai bergelut dengan sikecil COVID-19 yang susah diatur. Walaupun keadaan resesi tidak dapat diselesaikan secara instan, ataupun dalam jangka pendek. Akan tetapi masyarakat Indonesia, dapat sedikit melakukan tindakan yang akan membantu pemerintah dalam mengatasi keadaan ini.

Baca Juga : Makanan Sehat, Imun Kuat, Corona Minggat!

Perlu diketahui, ada beberapa faktor utama yang meyebabkan Indonesia masuk kedalam zona resesi dikala pandemik COVID-19 ini. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah, menurunnya peredaran uang di Indonesia serta menurunnya tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat Indonesia. Keadaan tersebut tentunya sangat wajar, meningat pandemik COVID-19 ini memberikan dampak psikologis terhadap masyarakat khususnya pada bidang keuangan.

Pada masa wabah penyakit seperti ini, masyarakat cenderung menyimpan uangnya di bank ataupun pada instrument. Kecenderungan tersebut dikarenakan ketakutan masyarakat terhadap, kondisi yang tidak menentu dimasa pandemik ini. Namun, kecenderungan menabung secara ekstrim ternyata memberikan dampak buruk bagi keadaan perkonomian Indonesia. Tingkat deflasi di Indonesia jadi semakin meningkat, serta banyak dari perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan akibat daya beli masyarakat yang turun.

Tanpa disadari perusahaan fashion ternama di Indonesia, seperti H&M berencana menutup beberapa gerainya di Indonesia. Selain itu beberapa restoran cepat saji, seperti KFC, Burger King, dan McD juga mengalami kondisi yang sama. Usaha Mikro Kecil Menengah masyarakat juga terancam mengalami kebangkrutan akibat masyarakat yang tidak membeli produknya. Oleh karenanya, apabila Omicronians memiliki rezeki lebih maka cobalah untuk jajan ke kedai terdekat, atau sesekali membeli Mc Float, Burger, Ayam ke gerai makanan cepat saji terdekat. Agar usaha tersebut dapat bertahan, dan Omicronians tidak lupa akan kenikmatan dari jajan Mc Float di McD ditemani sang kekasih berjam-jam.

Jangan lupa untuk Jajan ya, Omicronians!

tetap kuat, tetap sehat, tetap belajar, tetap semangat, ardhito pramodo, indonesia resesi, semangat, indonesia pasti menang, indonesia kuat, indonesia maju, hebat, kuat, yes keep it tup guys!

Editor : Tegar Tri Sawali