September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

Kemenag Gelar Sidang Isbat Melalui Telekonfrensi, Besok

Kemenag Gelar Sidang Isbat Melalui Telekonferensi, Besok

Bandung, Omicron Indonesia – Melalui akun instagram resmi Kementrian Agama Republik Indonesia, mengumumkan bahwa sidang isbat akan digelar besok (22/04/2020).

Sidang Isbat dilakukan secara online, dengan memanfaatkan teknologi telekonferensi karena pandemic virus corona yang tengah mebawah di Indonesia.

Pemantauan hilal rencananya akan dilakukan di 82 titik yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag yaitu Kamarudin Amin, bahwa dari 82 titik yang ditetapkan. Titik terbanyak berada di jawa timur yaitu sebanyak 27 titik, dan di Jawa Barat sebanyak 8 titik.

Rencananya bahwa Rukyatul Hilal akan dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerja sama dengan ormas islam, Makhamah Agung, danb BMKG.

Rukyatul Hilal dijadwalkan akan dilakukan pada 23 April 2020, pada saat terbenamnya matahari. Setelah Proses pengamatan selesai, maka hasil dari pengamatan akan dilaporkan pada proses sidang isbat yang terdiri dari 3 sesi.

Sesi pertama, akan diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 H oleh Tim Falakiyah Kementrian Agama. Kemudian tahap keuda dilanjutkan dengan, sidang isbat yang dilaksankan tertutup.

Sidang isbat hanya akan dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, dan Kamarudin Amin selaku Dirjen Bimas Islam, Kemenag.

Selanjutnya pada tahap ketiga, Menag akan menetapkan awal ramadhan 1441 H. Seluruh rangkaian sidang isbat dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat melalui, TVRI dan siaran langsung di media sosial kemenag seperti facebook, youtube, dan instagram.

 

 

Baca Juga : Oppo Indonesia Resmi Meluncurkan Oppo Reno3 Pro