September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

‘Ikan Naga’ Si Ikan Pantai yang Menarik Perhatian

Bandung, Omicron Indonesia – Ikan Tembakul atau yang dikenal juga sebagai ikan Gelodok merupakan biota laut yang memanfaatkan pantai sebagai habitat mereka. Ikan ini menjadikan pantai sebagai tempat hidup, berkembang hingga untuk mencari makanan. Nama lain dari ikan ini adalah Mudskipper, dalam Journal Identification and Habitat type of Mudskipper (Family: Gobiidae) at the Bali Beach dijelaskan bahwa Mudskipper merupakan ikan yang hidup di daerah pasang-surut dan menyerupai hewan amfibi serta menyukai daerah berlumpur. Di daerah penulis pantai Cirebon Utara bahkan Ikan Mudskipper sering disebut Ikan naga, karena memiliki bentuk yang unik seperti ilustrasi hewan Naga selama ini.

Dalam penilitian yang dilakukan oleh beberpa staff pengajar dari “Universitas Borneo Tarakan Progam Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan” menemukan 4 jenis spesies yang berbeda dari Ikan Mudskipper ini yaitu;

Periophthalmus malaccensis

'Ikan Naga' Si Ikan Pantai yang Menarik Perhatian

Karakteristik      : Sirip Ventral bersatu dengan frenum menonjol. Jari-jari sirip dorsal pertama lebih panjang dari pada jari-jari sirip dorsal kedua, bagian ujung jari-jari sirip membulat, jari-jari sirip dorsal pertama memanjang, sirip dorsal tidak dihubungkan oleh membrane. Awal dasar jari-jari dorsal kedua lebih panjang daripada awal dasar sirip anal.

Pola Warna        : Warna tubuh abu-abu kecoklatan. Warna sirip dorsal coklat kemerahan dengan beberapa spot putih pada jari-jari sirip, bagian ventral tubuh pucat. Terdapat spot putih pada bagian kepala dan ventral tubuh.

Distribusi            : Filiphina, Singapura, Lombok dan Kalimantan Utara.

Remaks                : Spesies ini musnah setelah perang dunia ke-2. IKAN NAGA

Boleophthalmus boddarti

'Ikan Naga' Si Ikan Pantai yang Menarik Perhatian

Karakteristik      : Jumlah jari-jari sirip dorsal pertama 5 dengan karakteristik jari-jari pertama sirip dorsal ketiga lebih panjang daripada jari-jari lainnya, jumlah jari-jari sirip dorsal kedua 27, jumlah jari-jari sirip anal 23-24, jumlah jari-jari sirip pectoral P 17-18, jumlah sisik longitudinal 78 dengan tipe sikloid yang terdiri atas garis radier dan sirkuler yang berukuran lebih kecil, jumlah sisik pre dorsal 27, dan jumlah sisik ventral 23, panjang awal jari-jari sirip dorsal kedua lebih panjang daripada awal sirip anal. Spesies ini memiliki garis diagonal hitam berjumlah 7 yang terdiri atas 1 bagian garis diagonal dibawah jari-jari sirip dorsal pertama, 2-6 garis diagonal dibawah jari-jari sirip dorsal kedua, dan 1 berada di batang ekor.

Pola Warna        : Warna bagian kepala dan tubuh abu-abu kecoklatan, warna bagian ventral tubuh putih keabu-abuan, bagian tubuh dan jari-jari sirip dorsal memiliki spot biru terang, kepala memiliki bintik putih, warna sirip anal transparan, warna jari-jari sirip dorsal hitam dengan spot spot (totolan) pitih diantara selaput jari-jari.

Distribusi            : India, Burma, Thailand, Vietnam, Singapura, Sumatra, Borneo, Lombok, dan Kalimantan Utara.

Baca Juga : Nasa Giring Reaktor Nuklir Ke Mars dan Bulan

Periophthalmodon freycineti

'Ikan Naga' Si Ikan Pantai yang Menarik Perhatian

Karakteristik      :  Panjang dasar sirip dorsal pertama kurang dari 10%. Sirip pelvic memiliki frenum tanpa lubang, jumlah jari-jari sirip anal 13, jumlah jarijari sirip pectoral P 14. Jumlah jari-jari sirip dorsal kedua 13-14. Sisik longitudinal 55-57; jumlah sisik ventral 10; dan jumlah sisik pre dorsal 16. Antara jari-jari pertama sirip dorsal dan jari-jari kedua sirip dorsal tidak dihubungkan oleh selaput membran, jarak awal sirip anal lebih awal daripada jarak awal sirip dorsal kedua.

Pola Warna        :  Warna tubuh dan kepala hitam kebiruan dengan beberapa bagian kepala memiliki spot putih. Sirip dorsal pertama berwarna biru kecoklatan dengan bagian pinggir putih, sirip dorsal kedua berwarna kecoklatan dan keputihan pada bagian ujung sirip, warna sirip pectoral hitam kebiruan, warna sirip pelvic kecoklatan

Distribusi            : Filipina, Indonesia Selatan, Queensland, dan Kalimatan Utara.

Periopthalmus barbarus

'Ikan Naga' Si Ikan Pantai yang Menarik Perhatian

Karakteristik      : Jumlah jari-jari sirip dorsal pertama berjumlah  11, panjang dasar sirip dorsal pertama kurang dari 10%. Sirip pelvic memiliki frenum tanpa lubang, jumlah jari-jari sirip anal 11, jumlah jarijari sirip pectoral P 14, jumlah jari-jari sirip dorsal kedua  11, jumlah sisik longitudinal 87; jumlah sisik ventral 10; dan jumlah sisik pre dorsal 8, antara jari-jari pertama sirip dorsal dan jari-jari kedua sirip dorsal tidak dihubungkan oleh selaput membran, jarak awal sirip anal lebih awal daripada jarak awal sirip dorsal kedua.

Pola Warna        :  Warna tubuh abu-abu kehitaman dengan spot kuning pada bagian anterior dan posterior tubuh.

Distribusi            :  Hampir seluruh pantai yang memiliki ciri-ciri habitat Mudskipper.

 

 

Editor : Noer Ardiansyah Laksana