September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

Fisika Di Balik Memasak Mie Instan

Fisika Di Balik Memasak Mie Instan

Bandung, Omicron Indonesia — Mie instan sepertinya telah jadi menu favorit dari berbagai kalangan, bahkan bagi beberapa orang mungkin mie instan telah menjadi adiksi yang awalnya hanya sebuah opsi. Aroma khas yang dimiliki mie instan sepertinya membuat beberapa orang ini sangat ingin menikmati hidangan siap saji ini. Ada banyak rasa yang dimiliki mie instan saat ini, mulai dari rasa masakan khas daerah hingga rasa masakan khas mancanegara. Tetapi, apakah Omicronians pernah mengalami masak mie instan hingga airnya mendidih lalu meluap?

Kandungan Dasar Mie Instan

Dikutip dalam Jurnal Bioproses Komoditas Tropis, mieh instan didefinisikan sebagai produk makanan yang kering yang dibuat dari tepung terigu atau tepung tapioka dengan atau tanpa penambahan makanan lain yang diizinkan, berbentuk khas mie yang siap dihidangkan setelah dimasak atau diseduh dengan air mendidih dengan waktu sekitar 4 menit. Dalam kutipan tersebut telah di jelaskan bahwa mie instan ini mengandung bahan tepung tapioka, tepung tapioka terbuat dari bahan dasar singkong yang telah diekstrak.

Fenomena Fisika Dalam Memasak Makanan Instan

Cara memasak mie instan dalam panduan yang telah ada dibalik bungkusnya adalah dimasak pada keadaan air mendidih. Adanya fenomena fisika dalam memanaskan air terletak pada penggunakan panci sebagai medianya. Pada umumnya panci ini terbuat dari bahan alumunium. Kompor yang dinyalakan akan menghantarkan panas kepada air melalui panci yang telah diisi oleh air.  Sebelum air mendidih akan mengalami perambatan atau perpindahan kalor dalam air selama mengalami kenaikan suhu. Suhu didih dalam zat cair yaitu 100 derajat celcius.

Baca Juga : Konsumsi Coklat Ternyata Mmapu Meningkatkan Kualitas Pencernaan

Kalor dapat mendidihkan zat pada titik didihnya, dan saat berada di titik suhu 100 derajat celcius, artinya air rebusab mi susah mendidih. Dalam fenomena memasak makanan instan yang Omicronians lakukan apabila memasukan bahan makanan pada saat kondisi air belum benar-benar mendidih maka seiring perpindahan kalor yang terjadi pada kompor, panci kemudian akan mengakibatkan air meluap.

Mengapa Air Rebusan Mie Instan Dapat Meluap?

Air yang terlalu lama mendidih akan meluap dari panci, hal tersebut dikarenakan kandungan tepung tapioka dari makanan instan itu sendiri. Tepung tapioka yang sudah pecah dari mie dan kemudian bercampur dengan air akan menjadi buih putih yang menutupi ventilasi uap pada air yang telah mendidih. Oleh karena itu uap air akan mendorong air dan buih tepung tapioka yang ada dipermukaan dan menyebabkan buih tersebut semakin naik dan lama kemudian akan meluap dari panci tersebut.

Uap air yang terperangkap pada buih tersebut yang menyebabkan gelembung menjadi mengembang kemudian meledak. Proses menguap tersebut dapat lebih cepat kembali apabila Omicronias menggunakan telur dalam sajian mie instan, karena uap air akan terperangkap oleh buih tepung tapioka dan telur yang dimasak oleh Omicronians.