September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

Di Balik Khasiat Kopi, Dermatolog Berikan Racikan Skin Care Murah!

Foto : Coffe-Skincare.com

Di Balik Khasiat Kopi, Dermatolog Berikan Racikan Skin Care Murah!

Bandung, Omicron Indonesia.Bagi sejumlah orang, memulai hari dengan menyeruput segelas kopi menjadi habituasi yang diyakini mampu memberi energi positif menuju produktivitas harian. Baik dengan sajian panas atau pun dingin, coffee person nyatanya tidak hanya menjadikan kopi ini sebagai pembuka hari. Namun juga sebagai kolega, untuk menyaksikan hari berganti atau kawan diskusi. Umumnya, komoditas ini banyak dipilih karena kandungan kafeinnya yang dapat membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari kantuk.skin care

Perlu Omicronians ketahui, bahwa kopi yang pertama kali ditemukan di dataran Afrika ini tidak hanya memiliki khasiat sebagai minuman saja. Manfaat biji tanaman semak tropis ini untuk kesehatan kulit tentu sudah tak asing lagi bagi beauty enthuasiast. Bagaimana tidak, berbagai tips kecantikan dengan biji yang juga sering disebut “kahveh” (bahasa Turki) ini banyak dicanangkan oleh influencer di media sosial.  Berbeda dengan hal itu, kami akan coba menggerai khasiat kopi ini bersandar pada sains di baliknya dan tips dari dermatologi.

Khasiat Kopi Menurut Para Ahli

Menurut dokter kulit tersertifikasi asal California, Ava Shamban, M.D. menjelaskan bahwa kopi dapat membantu mengurangi inflamasi (peradangan), meningkatkan aliran darah, membuat kulit lebih cerah dan kulit yang lebih lembut, lebih kenyal dan lebih kencang. Beliau juga menambahkan bahwa butirannya dapat dijadikan sebagai physical exfoliator1 yang baik, sebagaimana dilansir dari Prevention.

Selain itu, kopi juga memiliki kandungan anti-oksidan dan melindungi kulit dari sinar ultra violet. Anti-oksidan dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah penuaan. Dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kopi memiliki kemiripan dengan hyaluronic acid sebagai anti-aging dan meningkatkan kolagen. Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak bubuk kopi memberikan perlindungan terhadap kulit dari sinar UV-B yang menyebabkan terbakarnya kulit akibat sinar matahari. Hal ini dirilis oleh VeryWellHealth.

Baca Juga : Bahaya Menggunakan Earphone Terlalu Lama!

Khasiat kopi yang memberi perlindungan dari sinar matahari inilah secara menarik memberikan efek kemungkinan lebih kecil pada peminum kopi terkena kanker kulit. Namun, bukan berarti Omicronians dapat bebas terhindar dari sengatan cahaya matahari berlebih tanpa memakai sunscreen dan memperbanyak minum kopi, ya. Karena mengonsumsi kopi berlebih juga dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan. skin care

Menurut Shamban, bubuk kopi yang dipijatkan dengan lembut ke kulit akan menghilangkan kotoran dan minyak dari lapisan paling atasnya, dan membantu menjaga pori-pori tetap bersih. Tak heran,  kopi juga banyak dihadirkan sebagai bahan utama dari produk perawatan kulit. Namun, untuk mendapat kulit yang sehat tentu tidak harus melulu merogeh kocek dalam-dalam, Dr. Shamban memberikan saran penggunaan kopi dengan tambahkan bahan-bahan sesuai kebutuhan jenis kulit Anda. skin care

Cara Membuat Skin Care Kopi

Untuk scrub wajah, Omicronians bisa menyiapkan bahan-bahan berikut: ½ cangkir kopi bubuk yang ditumbuk kasar, ¼ gelas minyak kelapa, ¼ cangkir minyak vitamin E, dan 3-5 tetes minyak CBD2 (opsional). Dengan mencampurkan semua bahan tersebut, scrub kopi bisa langsung diaplikasikan dengan lembut dan pijat ke kulit dalam gerakan melingkar ke atas selama tiga menit. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan.

Untuk peradangan pada wajah, Dr. Shamban menyarankan untuk menyimpan kopi di lemari es sebelum membuat racikan seperti untuk scrub wajah. “Dingin sangat bagus untuk melawan peradangan atau kulit reaktif yang teriritasi,” katanya.

Untuk kulit berminyak atau rawan berjerawat, Dr. Shamban menjelaskan bahwa minyak kelapa dari racikan sebelumnya dapat digantikan dengan madu (takaran sama)  baik sebagai clarifying agent. Setelah itu, campuran bahan dapat diaplikasikan pada kulit wajah dan biarkan sebagai masker selama 5-10 menit.

Untuk kulit kering, hanya dengan menambahkan gula organik yang memiliki fungsi sebagai  humektan3 akan mampu memberikan kelembapan ke lapisan atas kulit. Dengan ½ cangkir kopi yang dicampur ¼ cangkir bubuk dan ¼ cangkir gula, juga bisa bertindak sebagai eksfolian yang lembut. Atau untuk membuat masker pelembab, Omicronians bisa menambahkan ¼ cangkir yogurt plan atau alpukat yang ditumbuk ke dalam campuran bahan tersebut.

Selain untuk kulit wajah, kopi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit tubuh. Dengan menggunakan racikan dasar seperti sebelumnya sebagai body scrub, Dr. Shamban menyarankan penggunaan tersebut terutama pada area yang rentan terhadap selulit seperti pinggul dan paha.

 

Editor : Noer Ardiansyah Laksana

Sumber :

[1] Physical exfoliator: Eksfoliasi yang dilakukan secara manual menggunakan alat bantu untuk mengikis sel kulit mati.

[2] Minyal CBD: Campuran Cannabidiol tanaman ganja dan sejenis minyak kelapa, bersifat non psikoaktif dan banyak digunakan untuk kesehatan

[3] Humektan: Suatu bahan atau zat higroskopis yang dapat menjaga kelembapan.