September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

Bunga Matahari, Si Bunga Cantik yang Mengandung Aturan Matematika

Bunga Matahari, Si Bunga Cantik yang Mengandung Aturan Matematika

Bandung, Omicron Indonesia – Dimanapun bunga berada terkadang selalu menarik perhatian siapapun bagi yang melihatnya, banyak beragam bunga yang indah berada di wilayah Indonesia, seperti salah satunya bunga Matahari.

Mengenal Bunga Matahari

Helianthus anuus L. atau bunga matahari merupakan tanaman hias indtroduksi yang berasal dari Amerika Serikat. Dikutip dalam Jurnal “Keragaman M1 Tanaman Hias Bunga Matahari (Helianthus annus L.) Akibat Iridiasi Sinar Gamma” dijelaskan bahwa bunga matahari ini mampu beradaptasi pada daerah yang panas dan pencahayaan yang penuh.

Namun tumbuhan ini tidak dipengaruhi oleh fotoperiodisme. Fotoperiodisme adalah respon tumbuhan terhadap intensitas cahaya matahari dan lamanya penyinaran yang diterima oleh tanaman tersebut, reaksi tanaman terhadap cahaya matahari ini berupa respon perkembangan dalam panjang relatif tanaman pada periode terang dan gelap.

Oleh karenanya  bunga matahari ini dapat tumbuh dengan baik di beberapa daerah Indonesia, bunganya yang menarik dan manfaatnya yang cukup banyak yang diberikan oleh bunga matahari sehingga beberapa petani di Indonesiapun mulai ingin membudidayakan tanaman satu ini.

Morfologi Bunga Matahari

Bunga matahari ini dapat berkembang tumbuh tinggi mencapai 1m hingga 2m, ciri khas yang sangat berbeda yang dimiliki oleh bunga matahari tumbuh berkembang ke arah cahaya matahari hal tersebut yang membuat tanaman bunga matahari ini tumbuh tegak membengkok mengarah ke sinar matahari di daearah tersebut. Dalam artikel Bunga Matahari oleh Azzahra Rahmah dijelaskan bahwa ada berbagai macam jenis bunga matahari ini yaitu; Bunga Matahari Big Smile, Bunga Matahari Autuumn Beauty, Bunga Matahari Teddy Bear, Bunga Matahari Pacino Gold, Bunga Matahari Velvet Queen, Bunga Matahari Music Box, Bunga Matahari Fiesta Del Sol, Bunga Matahari Cherry Rose dan Bunga Matahari Putih.

Deret Fiboncahi Dalam Bunga Matahari

Dari berbagai macam jenis bunga matahari, pada dasarnya bunga ini memiliki kelopak bunga besar yang tersusun dari ribuan kelopak bunga kecil dalam satu bonggol bunga. Dalam bonggol bunga matahari pada umumnya berbentuk spiral kerah kanan dan kiri, dalam penelitian yang bernama Turing Sunflowers oleh Univesistf Of Manchester menujunjukan pola spiral yang dimiliki oleh Bunga Matahari ini memiliki aturan model matematika aturan deret Fibonachi.

bunga matahari

Apa Itu Deret Fibonachi

Dikutip dalam Jurnal Kajian Bilangan Fibonachi oleh Lucita Vita Desyana dan Priska Godeliva Deret Fibonachi dapat didefinisikan sebagai aturan yang terdiri atas bilangan-bilangan yang disusun berdasarkan aturan-aturan dan pola tertentu. Suku pertama dari barisan bilangan ini adalah 1, kemudian suku keduanya juga satu, lalu untuk suku ketiga ditentukan dengan menjumlahkan kedua suku sebelumnya sehingga diperoleh barisang bilangan dengan pola seperti ini ; 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55,89 dst. Dan Golden Rasio yang  dikutip melalui perkataan Phytagoras yaitu perbandingan yang telah diatur oleh alam.

Baca Juga : Benarkah Perangkat Nirkabel Lebih Memancarkan Gelombang Elektromagentik?

Dalam deret Fibonachi yang telah ditulis oleh penulis tersebut setiap angka dibagi (dibandingkan) dengan angka sebelumnya hasil tersebut akan membentuk pembagian emas, yaitu;ttr

1:1=1

2:1=2

3:2=1,5

5:3=1,66

8:5=1,6

13:8=1,625

21:13=1,615

34:21=1,619

55:34=1,617

89:55=1,618

Dst

Dalam hasil deret Fibonachi tersebut membentuk pendekatan Golden Rasio. Jika ada dua bilangan yang memenuhi deret Fibonachi maka bila ngan tersebut akan mendekati Golden Rasio. Jadi Goleden Rasio adalah dua bilangan yang jida dibandingkan hasilnya mendekati 1,618.

Fibbonaci

Pada umumnya jalam Jumlah kelopak matahari dan ada 2 alur spiral ke arah kanan 34 atau 21 dan ke arah kiri 55 atau 34, jadi apabila di jumlahkan bunga matahari tersebut memiliki kelopak bunga berisi 55 atau 89 bahkan dapat mencapai 144. Namun ada beberapa tanaman bunga matahari ini yang menyimpang jumlah kelopak bunga pada bonggol tidak seperti bilangan deret Fibonachi tersebut.

 

 

 

Editor : Noer Ardiansyah Laksana