September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

90 Juta Akun Terjual di Darkweb, Keamanan User Tokopedia Terancam!

90 Juta Akun Terjual di Darkweb, Keamanan User Tokopedia Terancam!

Bandung, Omicron Indonesia – Salah satu market place terbesar asal Indonesia yaitu Tokopedia, mengalami gangguan keamanan terkait privasi para penggunanya. Dikabarkan bahwa 90 juta akun pengguna Tokopedia telah terjual di Darkweb dengan harga $5000, Omicronians.

Berikut merupakan bukti penjualan akun, yang dilansir oleh Hackread.com dilaman websitenya

90 Juta Akun Terjual di Darkweb, Keamanan User Tokopedia Terancam!

(Source : Hackeread.com)

Hal ini tentu menjadi kabar yang sangat mengejutkan, mengingat bahwa Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar karya putra nusantara dan menjadi kebanggaan Indonesia. Tokopedia sendiri mulai beroperasi pada tahun 2006, dan hingga saat ini telah dikunjungi lebih 1,2 milyar orang dari berbagai Negara.

Dilansir oleh  Hackread.com bahwa data yang terjual berupa jenis kelamin, lokasi, username, nama lengkap, nomor telepon, hingga password akun tokopedia tersebut.

Bahkan, tidak hanya akun pengguna Tokopedia saja yang dijual. Namun, lebih dari 7 juta akun merchant yang bermitra dengan e-commerece ini tidak luput dari serangan cyber yang dilakukan oleh hacker tersebut.

Dengan adanya problema ini tentu menjadi peringatan serius bagi Tokopedia. Oleh karenanya, pihak terkait harus lebih memperhatikan tingkat keamanan terhadap akun para pengguna dan mitra-nya. Mengingat apabila hal itu terus terjadi dan tidak diketahui oleh pihak perusahaan. Resiko yang besar akan mengintai banyak pengguna dan mitra, yang menjadi rentan mengalami penipuan melalui e-mail.

Bila Omicronians  adalah pengguna e-commerce , sebaiknya segera mengganti password pada akun tokopedia untuk menghindari resiko kejahatan akibat peristiwa ini.

 

 

Baca Juga : Iphone SE 2020 Resmi Rilis di Indonesia, Begini Spesifikasinya