September 19, 2021

Omicron Indonesia

Aktual dan Terpercaya

10 Perguruan Tinggi Dengan Kinerja Riset Terbaik Versi SCImago

SCImago

10 Perguruan Tinggi Dengan Kinerja Riset Terbaik Versi SCImago

Bandung, Omicron Indonesia – Pada tahun 2020 SCImago Institutions Rankings (SIR) merilis daftar peringkat universitas dan perguruang tinggi dengan kinerja riset terbaik di Indonesia. Berikut merupakan 10 universitas dengan kinerja riset terbaik di Indonesia versi SCImago Institutions Rankings (SIR)

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Peringkat Nasional : 1

Peringkat Asia       : 53

Peringkat Dunia    : 285

2. Universitas Malikussaleh

Peringkat Nasional : 2

Peringkat Asia       : 166

Peringkat Dunia    : 516

3. Universitas Sumatera Utara

Peringkat Nasional : 3

Peringkat Asia       : 200

Peringkat Dunia    : 561

4. Universitas Negeri Makasar

Peringkat Nasional : 4

Peringkat Asia       : 222

Peringkat Dunia    : 588

5. Universitas Negeri Medan

Peringkat Nasional : 5

Peringkat Asia       : 259

Peringkat Dunia    : 626

6. Universitas Indonesia

Peringkat Nasional : 6

Peringkat Asia       : 294

Peringkat Dunia    : 661

7. Universitas Pendidikan Ganesha

Peringkat Nasional : 7

Peringkat Asia       : 300

Peringkat Dunia    : 667

8. Universitas Diponegoro

Peringkat Nasional : 8

Peringkat Asia       : 321

Peringkat Dunia    : 688

9. Institut Pertanian Bogor

Peringkat Nasional : 9

Peringkat Asia       : 336

Peringkat Dunia    : 703

10. Universitas Haluleo

Peringkat Nasional : 10

Peringkat Asia       : 337

Peringkat Dunia    : 704

 

SCImago Institutions Rankings (SIR) merupakan sebuah portal pemeringkatan institusi terbuka, yang dikembangkan oleh SCImago Journal Rankings (SJR). Pemeringkatan didasari pada beberapa faktor diantaranya adalah kinerja riset, hasil inovasi, dan manfaat social yang diukur dari keterbukaan lembaga tersebut melalui website mereka.

Selain itu SCImago Institutions Rankings (SIR) juga memanfaatkan sebuah algoritma yang telah dipatenkan oleh pihak Google yaitu Google Page Rank, dimana algortima ini memungkinkan untuk membandingkan beberapa situs website mana yang lebih penting/popular. Algoritma tersebut merupakan algoritma yang dicipatkan langsung oleh pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Bin.

SCImago Institutions Rankings (SIR) memanfaatkan algoritma tersebut untuk mengindeksi visibilitas jurnal yang ada di database Scopus, sehingga SCImago dapat melakukan pemeringkatan terhadap seluruh institusi akademik yang ada di seluruh dunia.

Hasil pemeringkatan oleh SCImago yang menempatkan salah satu universitas yang berasal dari Indonesia kedalam 60 besar, institusi pendidikan dengan kinerja riset terbaik tentunya merupakan sebuah hal yang patut dibanggakan dan diapresiasi.

Tentunya sebagai mahasiswa penerus bangsa, Omicronians harus mengambil peran untuk lebih meningkatkan lagi kinerja riset dan inovasi di Institusi dimana Omicronians berada. Sehingga Indonesia dapat lebih berbicara banyak di bidang riset dan inovasi Internasional.

Karena pada faktanya menurut data yang dihimpun oleh Omicron Indonesia melalui Sinta Indonesia 70%  publikasi ilmiah tersebut yang merupakan karya murni dari lector atau tenaga pengajar yang ada di masing-masing institusi pendidikan, sehingga mahasiswa minim mengambil peran dalam proses riset dan inovasi tersebut.

Apabila lebih banyak lagi mahasiswa yang mengambil peran dalam proses riset dan inovasi masing-masing lembaga Indonesia, menjadi sebuah potensi bagi Indonesia dapat bersaing dengan Negara Adidaya seperti Amerika Serikat dan China yang pada saat ini menguasai dunia riset dan Inovasi Internasional.

 

 

Baca Juga : Virus Corona Bisa Hancurkan Perekonomian Indonesia